Bisnis Dahsyat tanpa modal gagner de l'argent Multiple Gain - The latest breakthrough in making money online

Selasa, 15 Maret 2011

PENGERTIAN PEMERINTAHAN

Secara etimologi kata Pemerintahan berasal dari kata “Perintah” yang kemudian mendapat imbuhan sebagai berikut :
1.    Mendapat awalan “Pe-“ menjadi kata “Pemerintah” berarti badan atau organ elit yang melakukan pekerjaan mengurus suatu negara.
2.    Mendapatkan akhiran “-an” menjadi kata “Pemerintahan” berarti perihal, cara, perbuatan atau urusan dari badan yang berkuasa dan memiliki legitimasi.
Di dalam kata dasar “Perintah” paling sedikit ada empat unsur penting yang terkandung di dalamnya yaitu sebagai berikut :
1.    Ada dua pihak yaitu yang memerintah disebut Pemerintah dan pihak yang di perintah disebut rakyat.
2.    Pihak yang memerintah memiliki kewenangan dan pihak legitimasi untuk mengatur dan mengurus rakyat.
3.    Hal yang di perintah memiliki keharusan untuk taat kepada Pemerintah yang sah.
4.    Antara pihak yang memerintah dengan pihak yang di perintah terdapat hubungan timbal balik secara vertikal maupun secara horizontal (Inu Kencana Syafi’ie, Kepemimpinan Pemerintahan Indonesia,2003:3)
Pengertian Pemerintahan menurut Drs. Bayu Surianingrat, dalam bukunya yang berjudul mengenai ilmu pemerintahan adalah sebagai berikut :
 “Pemerintahan adalah perbuatan atau cara urusan memerintah, misalnya pemerintahan yang adil, pemerintahan demokrasi, pemerintahan dictator dan lain sebagainya” (Surianingrat,1990:11).

Masih diambil dari buku karangan Drs. Bayu Surianingrat, bahwa kata pemerintahan dan pemerintah dijumpai dalam bahasa asing, salah satunya bahasa inggris “Government” yang diturunkan dari kata kerja ‘to govern” yang artinya :
1.    Melaksanakan wewenang pemerintah;
2.    Cara atau sistem pemerintah;
3.    Fungsi atau kekuasaan untuk memerintah;
4.    Wilayah atau negara yang diperintah;
5.    Badan yang terdiri dari orang-orang yang melaksanakan wewenang dan administrasi hukum dalam suatu negara.
Pendelegasian ini diselenggarakan dalam rangka mencapai ketertiban di suati daerah/wilayah/negara. Oleh karena itu pemerintah melaksanakan tugasnya dan memberikan perintah merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan, karena pendelegasian tersebuk merupakan aspirasi masyarakat yang disampaikan kepada pemerintah.

0 komentar:

Poskan Komentar