Minggu, 20 Februari 2011

CARA MENGELOLA RESIKO DALAM PROYEK


Hal lain yang perlu diperhatikan dalam manajemen resiko adalah pengertian tentang “dampak kerugian” yang ditimbukan. Empat tahap dalam mengelola resiko yaitu :
1.      Identifikasi
2.      kuantifikasi
3.      Penaggulangan
4.      Pemantauan
Ada 4 tahap dalam siklus untuk mengelola resiko, yaitu :
1.      Assess a Manaksir atau memperkirakan
·         Melakukan identifikasi informasi kristis assets
·         Menemukan kemungkinan ancaman dari assets yang telah diidentifikasi
·         Mengidentifikasi kelemahan sistem yang dapat menjadi ancaman
·         Menghitung besar resiko tersebut
2.      Evaluate
Ada dua pendekatan dalam mengevaluasi suatu resiko, yaitu :
a. Kuantitas
Pendekatan kuantitas ini lebih mudah ditampilkan dan dimengerti karena output-an dalam angka. Namun, untuk memperoleh angka tersebut dibutuhkan usaha yang cukup keras. Untuk menghitung dalam bentuk satuan uang dampak yang akan terjadi sangatlah sulit.
b. Kualitas
Menggunakan metode score dan pengalaman dari para pekerja serta konsultan untuk memperoleh score tersebut.
3.      Manage
Setelah kita telah memberikan score pada setiap resiko yang terjadi maka tahap selanjutnya adalah mengurutkan resiko tersebut dari resiko yang mempunyai score tertingi sampai terendah. Hal ini akan membantu kita untuk mengambil keputusan resiko mana yang harus pertama kali kita kelola.
Ada 4 cara untuk menghadapi suatu resiko :
·         Reject the Risk, cenderung mengabaikan tantangan untuk menghadapi resiko tersebut dengan harapan resiko tersebut akan hilang. Bertahan menggunakan pendekatan ini jarang sekali berhasil.
·         Accept the Risk, biasanya pendekatan ini digunakan jika cost yang dibutuhkan untuk melakukan pengontrolan untuk mengurangi resiko akan lebih besar dibandingkan jika resiko itu terjadi.
·         Transfer the Risk salah satu pendekatan yang dapat dilakukan jika cost untuk melakukan pengontrolan untuk mengurangi resiko lebih besar bila dibandingkan dengan memindahkan resiko tersebut kepada pihak lain, seperti pihak asuransi
·         Mitigate the Risk, mengurangi resiko tersebut dengan management.
4.      Measure
Melakukan pengukuran dari aksi yang telah diambil pada tahap sebelumnya. Pengukuran ini harus dilakukan secara continue.

0 komentar:

Posting Komentar