Selasa, 16 November 2010

MANAJEMEN PROYEK


1.  Manajemen proyek adalah cara mengorganisir dan mengelola sumber penghasilan yang penting untuk menyelesaikan proyek. Hal pertama yang harus dianggap sebagai manajemen proyek adalah bahwa proyek ini diantarkan dengan batasan yang ada. Hal kedua adalah kemungkinan terbaik distribusi sumber daya. Manajemen proyek adalah seni mengontrol baik hal selama proyek, dari sejak dimulai sampai selesai
2.   Definisi proyek menurut Project Management Institute adalah "A project is a temporary endeavor undertaken to accomplish a unique purpose" atau suatu usaha temporer yang dilaksanakan untuk mencapai tujuan tertentu. Dengan definisi tersebut, proyek bukan hanya untuk pekerjaan civil work, yang berskala milyaran rupiah. Akan tetapi, acara pernikahan, renovasi rumah, acara tujuh belas agustus, sampai dengan kegiatan nasional pemilihan umum, juga sebuah proyek.
Membuat detailed engineering design, langkah-langkah
paket pengadaan barang/jasa
Yang di maksud pengertian proyek yaitu pembangunan yang berskala kecil maupun besar, dan pembangunan yang bersifat komersil atau pelayanan umum yang biasanya dilakukan oleh setiap negara untuk mengembangkan atau memajukan negaranya. Contohnya : Pembangunan Perumahan, Pembangunan Bandara, Pembangunan Jalan, Pembangunan Sekolah dan lain-lain. Agar negara tersebut mudah & nyaman untuk kemana saja dan melakukan apa saja.
Sedangkan ruang lingkup proyek meliputi tata cara untuk menentukan waktu proyek dimulai, perencanaan lingkup proyek yang akan di garap, pendefinisian ruang lingkup proyek, verifikasi proyek serta kontrol atas perubahan yang mungkin terjadi saat proyek tersebut di mulai. Contohnya : Kita bisa lihat Proyek yang ada disekitar kita yaitu pembangunan Masjid, pembangunan sekolah dan lain-lain.

2 komentar:

Posting Komentar